PLN HADIRKAN LISTRIK TANPA KEDIP DI PUSAT PELAKSANAAN STQN XXVI MALUT

PLN HADIRKAN LISTRIK TANPA KEDIP DI PUSAT PELAKSANAAN STQN XXVI MALUT

Sofifi _ Setelah sukses mengamankan pasokan listrik untuk acara PON XX Papua, kini PLN kembali berkontribusi aktif dalam menyukseskan gelaran Seleksi Tilawatil Qur'an (STQ) Nasional XXVI di Kota Sofifi, Provinsi Maluku Utara.

Diketahui pada Acara Pembukaan STQN XXVI yang dilaksanakan Sabtu malam (16/10/2021), PLN telah siagakan personil guna mengamankan kebutuhan listrik demi suksesnya acara yang dibanjiri warga tersebut.

"Selayaknya pembukaan PON XX Papua kemarin, alhamdulillah kami juga berhasil menjaga keandalan listrik untuk pembukaan STQ ini. Kami pun berkomitmen dalam menjaga keandalan pasokan listrik tidak hanya di Pembukaan STQ saja, namun sampai dengan Penutupan perhelatan akbar ini, serta kelistrikan di Sofifi secara umumnya selepas kegiatan ini berlangsung," Jelas Syamsul Huda, Direktur Bisnis Regional Sulawesi, Maluku, Papua & Nusa Tenggara, PLN, dalam siaran persnya, Minggu (17/10) kemarin. 

Syamsul Huda juga menambahkan, PLN sejak awal telah menyiapkan pengamanan sistem berlapis baik pasokan dari infrastruktur pendukung dan juga pasokan dari Saluran Udara Tegangan Menengah (SUTM) pada Sistem Kelistrikan Sofifi, sebagai backup system.

"Semangat kami juga adalah bagaimana memberikan pelayanan terbaik dan pasokan listrik yang cukup maupun Andal Tanpa Kedip, baik saat Pembukaan maupun di titik-titik pelaksanaan perhelatan STQ”  tambahnya.  

Ia juga memaparkan, bahwa saat ini sistem kelistrikan di Sofifi memiliki daya mampu sebesar 9,9 Megawatt (MW) dengan beban puncak 5,2 MW sehingga terdapat cadangan daya 4,7 MW. Sementara beban puncak kelistrikan selama gelaran STQ diprediksi mencapai 7,2 MW.

Guna mengamankan pasokan kelistrikan, PLN pun menyediakan 7 unit uninterruptable power supply (UPS) masing-masing berkapasitas 30 kilo Volt Ampere (kVA) sebanyak 2 unit, 100 kVA sebanyak 2 unit dan 200 kVA sebanyak 3 unit serta ditambah dengan 5 unit gardu bergerak (UGB) berkapasitas 250 hingga 400 kVA dan juga 12 unit genset berkapasitas 48 kW hingga 250 kW yang telah ditempatkan di masing-masing venue STQ Nasional.

"Sesuai dengan komitmen kami dalam menjaga keandalan listrik selama perhelatan akbar STQ Nasional di Sofifi ini, maka kami juga telah menambah personil yang akan bersiaga selama gelaran STQ ini berlangsung" tutup Syamsul Huda. (red.)

©MalutProv

Berita Terkait

Artikel Terpopuler

10 Mar-2020
Rapat Anggota Tahunan (RAT) Ke-XVI

08.00 WIT - Gedung New Plaza, Tobelo

12 Mar-2020
Seminar Pengusulan Sultan Zainal Abidin Syah dari Tidore sebagai Pahlawan Nasional Republik Indonesi

08.30 - Aula Bung Hatta Gedung Pascasarjana, Lantai 2 Universitas Negeri Jakarta, DKI Jakarta

26 Feb-2021
pelantikan kepala daerah yang di lantik oleh Gubernur

10.00 - selesai - aula nuku

Ruang Multimedia